Ayam Ketawa beberapa tahun yang lalu keberadaannya sempat memikat banyak penghobi ayam, ayam ini memang unik suara kokokanya sperti suara ketawa manusia, ayam ini asli trah Indonesia , ada beberapa alas an orang memelihara ayam ini sebagian ada yang percaya sebagai ayam keberuntungan, ada yamg
menginginkan menikmati suaranya yang unik dan ada juga yang ingin mendapatkan tambah penghasilan dari budidaya ayam ketawa ini, ada beberapa postingan dari website ayam ketawa sebagai berikut :

-->

Ayam ketawa adalah ayam yang sangat unik, ayam ini berkokok mirip manusia yang sedang tertawa.Ayam ketawa saat ini banyak di cari orang sebagai hewan peliharaan karena warnanya yang bagus dan kokoknya yang unik.
Sebagaimana diketahui, habitat ayam ketawa ini berasal dari Kabupaten Sidrap, 183 km arah utara Makasar. Konon, ayam jenis ini hanya dipelihara di lingkungan Keraton Bugis, terutama kalangan bangsawan. Hal ini karena dapat mencitrakan status sosial bagi bangsawan tersebut.
Seiiring dengan perkembangan zaman dan sejalan dengan kebijakan yang ditempuh Pemerintah Sidrap agar populasi ayam ketawa tidak punah, maka masyarakat umum diperkenankan memelihara dan mengembangbiakkan ayam tersebut.
Atas upaya itu populasi unggas yang dilindungi itu dapat meningkat dan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, antara lain di Makassar sendiri, Blitar, Madiun, Yogyakarta, juga Semarang.
Ayam ketawa ini memang mempunyai keunikan pada suaranya saat berkokok, yaitu pada durasi akhir kokoknya suaranya mirip orang ketawa.Jika interval nada tawanya cepat disebut garatek, jika interval kokoknya lambat disebut gaga, sedangkan yang kokok tawanya mendayu-dayu dinamai dodo.
Ayam Ketawa ini  sering dikonteskan seni suara ketawanya. Yang menarik dalam satu kali kontes pesertanya bisa mencapai 700 sampai 800 ekor ayam ketawa. Cara penjuriannya hampir sama dengan kontes lomba burung perkutut, tapi bedanya kontes ayam ketawa ini tidak memakai kurungan, cuman batang bambu atau kayu berbentuk huruf "T" yang dipasang sebagai tempat berdiri Ayam ketawa ini.
Banyak peternak yang mendapat keuntungan berlipat ganda karena memelihara ayam ketawa ini.Cara mengembang biakkannya pun cukup mudah, karena ayam ketawa ini karakternya tidak jauh berbeda dari ayam pada umumnya, perawatannya relatif lebih gampang,
Harga Ayam Ketawa



-->
Harga ayam ketawa anakan umur 1 bulan mencapai 150 ribu/ekor.Ada juga yang baru berumur segitu sudah di tawar 300 ribu/ekor karena induknya yang berkualitas.
Memasuki umur 3 bulan harga ayam ketawa ini sudah naik signifikan, berkisar antara 600 ribu sampai 700 ribu/pasang.
Harga ayam ketawa Betina dewasa sendiri  sekitar 800 ribu ke atas tergantung kualitas  warna bulu dan juga fisik dari ayam itu sendiri.Sedangkan untuk ayam ketawa Jantan dewasa harganya antara 1 juta ke atas juga tergantung kualitas suara,warna bulu dan fisik ayam tersebut.
Bahkan, harga seekor ayam ketawa Jantan dewasa bisa mencapai Rp 10 juta. Lebih fantastis lagi, harga ayam Jantan dewasa yang menang kontes berkokok harganya bisa melambung mencapai Rp 50 juta.
Itulah kenapa Ayam ketawa ini diyakini bisa mendatangkan hoki bagi pemiliknya.Dan juga ayam ketawa yang semula keberadaannya hampir punah, kini mulai merebak lagi karena banyak orang yang men-ternaknya, sebagaimana ayam biasa.
Pakan Ayam Ketawa
clip_image003
Pakan ayam ketawa sekarang ini sudah tidak sama dengan pakan asli ayam ketawa yang digunakan Suku Bugis, di Bugis sendiri untuk memberi makan ayam ketawa dewasa banyak menggunakan pakan gabah kering, Ini dimaksudkan agar suara kokok ayam ketawa menjadi lebih nyaring dan bening . Sebab gabah yang dimakan ayam tersebut dapat berfungsi untuk membersihkan lendir pada tenggorokan ayam ketawa,dengan kata lain berfungsi sebagai korok tenggorokan ayam ketawa tersebut agar tidak gatal.
Hasilnya suara ayam ketawa makin khas jadi makin panjang dan tinggi, pemberian pakan gabah sendiri ada caranya yaitu, gabah kering sebelum diberikan untuk pakan ayam ketawa direndam air dulu selama satu malam, pada saat direndam biasanya gabah yang tidak berisi/gabuk akan mengambang, lalu gabah yang tidak berisi/gabuk tersebut dibuang. Besoknya gabah yang direndam semalam tadi setelah airnya dibuang kemudian disajikan untuk pakan ayam.
Namun karena dikota – kota besar mencari gabah sangat susah, kita tidak perlu khawatir karena karakter ayam ini tidak jauh berbeda dengan ayam lainnya.Jadi, makanannya pun  cukup diberi poer , jagung dan rajangan sawi hijau seperti ayam kampung lainnya.
Sedangkan pakan untuk ayam ketawa anakan, biasanya menggunakan BR sampai umur sekitar 2 bulan, kemudian setelah diatas umur 2 bulan bisa dicampur dengan jagung halus , yang dapat dibeli di toko toko yang menyediakan pakan untuk ayam.Setelah ayam ketawa berumur 3 bulan ke atas,ayam bisa juga di beri makan nasi yang di campur dengan AD 1 atau juga bisa di tambah BR sedikit.AD satu berfungsi untuk pembentukan tulang ayam ketawa agar fisik ayam tersebut kokoh.
Telur Ayam Ketawa
clip_image004
Ayam ketawa betina pada umumnya mempunyai kemampuan bertelur kurang lebih 11 sampai 13 butir dalam siklus sekali masa kawin, tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama sampai telur ketiga, hal ini karena pembuahan belum sempurna, jadi telur hanya menumpang lewat karena merupakan bentuk sel telur pertama, baru telur keempat dan seterusnya di pastikan telur yang bagus yang  terisi dengan embrio.
Jadi saat telur ke satu sampai ke tiga keluar, kita ambil semua dan sisakan 1 butir telur sebagai pancingan agar betina terus bertelur.
Untuk menunjang masa kesuburan atau masa bertelur pada induk ayam ketawa,maka induk ayam ketawa harus diberi pakan yang berkualitas, yaitu dengan di beri pakan kacang hijau. Fungsi kacang hijau sendiri adalah untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur lebih banyak dari ayam ketawa tersebut.
Kiat untuk memperbanyak telur ayam ketawa dapat dilakukan dengan cara setelah semua telur ke luar 11-13 butir, pindahkan semua telur dan sisakan satu butir di tempat induk ayam itu bertelur.Dengan demikian induk ayam itu akan bertelur lagi. Sedangkan telur-telur lainnya yang telah dipindahkan dari sarangnya kemudian di eramkan di inkubator hingga menetas
Anakan Ayam Ketawa
clip_image005
Perawatan pada anakan ayam ketawa membutuhkan penanganan ekstra ketat, karena masa itu merupakan masa rentan anakan ayam ketawa mudah terserang penyakit.Ayam ketawa anakan umur 1 sampai dengan 2 bulan, kesehatannya masih belum stabil, masih perlu divaksin.Vaksin yang diperlukan untuk anakan Ayam Ketawa adalah ND, Kumoro dan AI agar tahan terhadap penyakit.
Anakan Ayam Ketawa yang berumur 1 sampai dengan 2 bulan, secara fisik mungkin hampir sama dengan anakan ayam kampung. dari warna, bentuk dan gerak geriknyapun  hampir sama atau identik. Ayam Ketawa seumuran ini masih berkotek seperti halnya anak ayam jenis kebanyakan.
Yang membedakan  anakan ayam ketawa dengan anakan ayam lain adalah sejak dari umur 5 hari pun anakan ayam ketawa sudah bisa belajar berkokok tapi intervalnya masih sangat pendek dan masih lebih pendek dari kokok ayam ketawa umur 1,5 bulan,
Ciri-ciri anakan ayam ketawa yang bagus

Ciri-ciri anakan ayam ketawa yang bagus sudah dapat dideteksi pada usia 1,5 bulan, karena pada usia tersebut anakan ayam ketawa, suara kokoknya sudah terdengar agak keras. Suaranya hampir mirip dengan kokok ayam ketawa dewasa, namun dengan interval nada pendek dan kecil
Ciri lain anakan ayam ketawa yang bagus adalah bentuk jengger bagian belakang menempel dengan tempurung kepala
Satu hal prinsip yang membedakan ayam ketawa dengan ayam biasa yaitu terletak pada pita suara. Pita suara ayam ketawa terputus-putus, pita tersebutlah yang membuat ayam ketawa saat berkokok seperti orang ketawa yakni khu-kru-khu-kha-kha-kha-kha-kha-kha. Ya memang ayam ketawa bikin ketawa pemiliknya karena kemerduan dan lucu suaranya serta hsil jualnya ha ha ha ha kha kha…..










-->
-->
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: